Monday, August 29, 2011

Cerita 5 inspirasi dari Otsuka

Mengikuti kompetisi sudah seharusnya menambah juga wawasan kita, karena selain kita yang berusaha untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya, biasa nya dari tim penyelenggara juga “membekali” kita dengan banyak pengetahuan, serta berusaha juga “mengenalkan” beberapa filosofi dan prinsip2 dari perusahaan.

Kali ini saya mau sedikit cerita tentang Otsuka yang saya dapat dari sharing berharga dari Pak Pray sebelum kami melaksanakan Challenge 3: SOYJOY Sold Out.

Ada beberapa hal yang menurut saya bagus dan patut untuk di sharing, salah satu nya yang terpampang di front office nya PT. Amerta Indah Otsuka, sampe2 keisengan saya berfoto di depan nya :)


Filosofi mereka adalah: Otsuka people creating new products for better health worldwide

Secara bahasa saya, kurang lebih bisa diartikan: Orang-orang yang tergabung dalam Otsuka selalu berusaha untuk menciptakan produk-produk yang memberikan sumbangsih kesehatan bagi dunia.

Yah, seperti itulah mereka, makanya tidak heran produk-produk yang mereka hasilkan bukan hanya menjadi “follower” nya produk-produk lain, tapi yang mereka lakukan adalah lebih ke me riset produk-produk yang memberikan kontribusi sehat bagi penduduk dunia. Sayang nya dari banyak produk yang dimiliki oleh Otsuka hanya 2 produk saja yang bisa di temui di Indonesia, yaitu Pocari Sweat dan SOYJOY.

Kemudian ada juga 5 hal penting yang juga sangat menginspirasi saya, dimana mereka sangat yakin bahwa banyak hal bisa dilakukan, karena mereka memiliki beberapa pemikiran yang saya rasa HARUS saya share (sayangnya tidak semua gambar saya miliki):

1. TOMATO HALL


Kalau boleh saya terjemahkan ke dalam bahasa saya saya kira yang dimaksud dengan prinsip yang pertama ini adalah: “Dobrak semua paradigma lama, bukalah pikiran, jagan terkotak-kotak dengan prinsip lama”. Ya, di Otsuka terdapat sebuah tempat yang memiliki pohon tomat, tapi unik nya pohon ini tidak ditanam di medium tanah dan di bawah, namun tumbuh di langit2, dan juga memiliki buah yang mencapai jumlah ratusan di setiap pohonnya. Hal ini menunjukan bahwa persepsi lama yang mengatakan bahwa pohon tomat hanya bisa tumbuh di tanah itu menjadi terpatahkan.

2. MAP (peta dunia)

Pada pembahasan ini, Pak Pray menampilkan 2 buah gambar peta dunia, yang sebelah kiri seperti yang kita lihat, yang sebelah kanan dengan gambar yang sama namun terbalik. Kemudian beliau bertanya: “Mana gambar yang benar?” Sebagian besar dari kita biasa nya menjawab yang sebelah kiri. Tapi sebenarnya kedua gambar tersebut tidak ada yang salah, yang salah adalah “kebiasaan” kita melihat peta dunia dengan posisi yang di sebelah kiri. Selain itu ada juga beberapa orang yang memilih tidak menjawab, karena takut salah.

Nah, jika boleh saya simpulkan, pelajaran yang bsia diambil dari gambar ke dua ini adalah: terbukalah terhadap pemikiran baru, dan ungkapkan apa yang menjadi pemikiran kita, walaupun mungkin pendapat kita minor

3. CHEDDAR SCULP TREE



Gambar selanjutnya adalah gambar sebuah batang pohon yang melengkung. Batang pohon melengkung? hmmmm… kayak nya ini foto editan photoshop deh! itulah yang terlintas di benak saya pertama melihat foto ini. Tapiii… ternyata gambar ini asli tanpa editan!! Wah, jadi batang pohon yang melengkung itu BENAR-BENAR ADA.. WOW!! HEBAT!!

Batang pohon seperti yang kita tahu biasa nya selalu tumbuh tegak ke atas, tidak melengkung ke samping (kecuali ranting nya). Jika batang pohon ini bisa melengkung, maka sebenarnya dia dibentuk bukan dalam waktu yang singkat, namun memang "dibelokkan” dengan sebuah cara, dan juga dengan waktu yang sangat lama. Pelajaran yang bisa diambil dari cerita ini adalah: Jika kita ingin melakukan sesuatu yang besar dan diluar kebiasaan, maka yang diperlukan hanyalah KERJA KERAS dan KONSISTENSI untuk selalu melakukannya, serta SABAR. Hehehe…. SABAR itu ditekankan sekali oleh Pak Pray, karena menurut Pak Pray kami adalah “generasi instant”, pengennya apa2 cepet, tanpa proses :p

4. VEGA HALL

Next picture yang ditampilkan adalah sebuah hall besar lengkap dengan panggung dan kursi “penonton” yang berjejer. hmmmm… tapiii sepertinya ada yang aneh dengan susunan kursi nya. Ya, Jika dalam sebuah hall biasanya kursi yang disediakan selalu “lurus” berjejer dari depan ke belakang (jumlah ruas di depan sama dengan ruas di belakang), maka di Vega Hall ini tidak.

Untuk memudahkan berikut sedikit ilustrasi simple dari saya:




heheheee… maaf karena saya tidak menemukan gambar vega hall…

Pelajaran penting dari susunan kursi ini adalah dimana kita bisa melihat secara 2 arah antara penonton dan pembawa materi di depan, jadi komunikasi itu sebaik nya 2 arah, jadi ada feedback dari yang mendengarkan

5. WATER STONE GARDEN


Ada 3 buah batu yg terdapat dalam gambar diatas:
Pertama adl batu yang diatas (paling kanan), dimana dia tidak bersentuhan dengan air
Kedua adl batu yang ditengah kolam tapi diam saja (ditengah air)
Ketiga adalah batu yang paling depan, yang “mengambang” dan ditopang oleh air

Nah, apa artinya? sebelum bicara artinya marilah kita coba terangkan dulu elemen2nya, jadi batu tersebut diumpamakan sebagai perusahaan, dan air diumpamakan sebagai masyarakat atau konsumen

Jadi Batu yang pertama adalah batu yang telah “dibuang” oleh masyarakat, dimana perusahaan tersebut tidak menghargai masyarakat dan konsumen, maka konsumen enggan untuk berhubungan dengan dia

Sedangkan batu kedua adalah batu yang masih ada di tengah air, tapi dia tidak berdinamika. Artinya perusahaan tersebut masih ada di tengah masyarakat dan konsumen namun keberadaan nya tidak berkembang namun tidak juga mati. Jadi eksis namun stagnan kondisi nya

Dan yang ketiga adalah batu / perusahaan yang selalu berinteraksi dan memiliki komunikasi, fleksibel dan kuat karena berhubungan dengan masyarakat dan konsumen nya. Dia bisa tetap mengambang karena di topang / didukung oleh masyarakat dan konsumen nya.

Pelajaran yang bisa diambil adalah bagaimana menjadi sebuah perusahaan yang selalu memiliki komunikasi 2 arah dan selalu menghargai masyarakat dan konsumen nya, sehingga mem,buat si perusahaan tetap bisa eksis bahkan terus maju dan berkembang.

Dan untuk melengkapi semua presentasi Pak Pray diatas, berikut slide gabungan dari 5 hal diatas:
Semoga sharing saya ini bisa dipahami oleh orang-orang yang membaca nya :)

Sumber gambar Tomato Hall, Cheddar Sculpt Tree, dan Floating Stone : http://www.osri.otsuka.com/philosophy1.html

Repost this article from: http://bit.ly/pLvdZf

No comments:

Post a Comment